Senin, 09 Januari 2012

bapak komputer dunia (charles babbage)

saat ini komputer merupakan alat yang sudah menjadi kebutuhan sehari hari yang pasti digunakan sejak kecil ketika duduk dibangku sekolah kita telah diajarkan tentang cara menggunakan komputer dan apa itu komputer tapi pernahkah kita tau siapakah yang pertama kali menemukan mesin ajaib ini serta bagaimana perkembanganya hingga seperti sekarang inikali ini saya akan membawa anda menelusuri seluk  beluk dan asal mula munculnya komputer.

di abad 17 dalam ilmu matematika orang orang menghitung dengan menggunakan kertas dan tabel hitung melihat kejadian tersebut charles babbage yang lahir pada 26 desember 1792 menemukan ide untuk menemukan sebuah alat mekanik yang dapat membantu masyarakat dalam menghitung, tujuanya tidak lain untuk mengurangi kesalahan dalam menghitung.

oleh sebab itu di tahun 1822 dirinya menulis surat yang berjudul "note of the applikacation of machinery to the camputation of astronomical and mathemetical table" (catatan mengenai penerapan mesin bagi perhitungan table dan matematis""kepada masyarakat astronomis kerajaan)

ide tersebut diterima dan dirinya mendapat dana 1500 dolar dari pemerintah setempat untuk membuat mesin tersebut pada tahun 1923 mendapat dukungan tersebut chrarles langsung menggunakan salah satu ruangan di rumahnya sebagai tempat untuk melakukan percobaan da perancangan mesin tersebut dan menggunnakan jhoseph clement menjaga perancangan tersebut.

setiap alat yang digunakan dalam menyusun komputer saat itu dibuat sendiri oleh charles. dirinyan mendesign sendiri mesin mesin tersebut, untuk melengkapi dan menambah ilmu pengetahuanya dibidang mesin dirinya pergi kesejumlah negara untuk mempelajari tekhnik penyusunan mesin.

namun pada tahun 1927 pekerjaan tersebut sempat terhenti selama beberapa waktu akibat kematian georgiana, ayah dari charles, ditambah lagi dengan pekerjaan dirinya di bebani pajak, disaat keterpurukanya itu temen teman menyuruh untuk menjalani penelitian dan pembelajaran kembali ke eropa untuk menambah pengetahuan dan charles menyetujuinya.

pekerjaan tersebut membawa charles ke belanda, belgia, jerman dan itali. disana dirinyan mengunjungi berbagai universitas dan pabrik manufaktur  bahkan saat berada di itali dirinyan mendapat julukan "lucasian professor of mathematics"

di tahun 1928 proyek lainya muncul disaat charles menjalani program study tersebut diluar bahkan masyarakat menyebarkan rumor bahwa carles telah menyia nyiakan uang pemerintah karena mesin yang dibuat dirinya tidak dapat bekerja serta tidak praktis. namun john herscher dan kelompok royal society langsung membela charles.

pemerintah kembali melanjutkan pemberian bantuan kepada charles adapun dana yang diterima saat  itu adalah 1500 dolar pada 29napril 1829, 3000 dolar pada 3 edesember 1829,serta 3000 dolar pada 24 februari 1830, pekerjaan pun kembali dilanjutkan namu charles kembali terkena kendala dengan bantuan dana dari pemerintah

perbedaan tersebut karena ada perbedaan pendapat dengan clement, charles telah membangun sebuah rumah baru yang berjarak agak jauh dari tempat tinggal clement dirinyan telah membuat tempat kerja seluas 50 kaki di belakang rumah tersebut rumah tersebut beratap kaca sebagai penghematan ruangan.serta sebuah ruangan untuk melindungi dari bahaya debu yang masuk mengotori mesin.

clement menolak untuk memindahkan mesin dahulu ketempat yang lama serta meminta uang lebih untuk pekerjaanya yang harus keluar kota melihat kontruksi pembuatan komputer, untuk mengatasi hal tersebut charles meminta clement untuk mengambil gaainya langsung di kantor negara, karena selama ini charles yang selalu mengeluarkan uang sendiri untuk menggaji clement disaat uang pemerintah tersendat.

clement menolak permintaan charles tersebut dan memilih untuk berhenti bekerja dirinya juga tidak mau menyerahkan rancangan mesin yang telah dibuat mesin tersebut, uang investasi sebesar 23000 dolar serta 6000 dolar uang charles sendiri akhirnya hilangbegitu saja karna proyek tersebut terhenti pada tahun 1834, pemerintah juga secara resmi meningkatkan proyek tersebut pada tahun 1842.

mesin yang tidak selesai itu kini terpajang di "london museum of sciency" dan itulah yang menjadi cikal bakal munculnya komputer secanggih yang sekarang ini. perhentian oleh charles kemudian dilanjutkan oleh Dr.john v Atanasoft dan clifford berry pada tahun 1837, yang mendesain komputer digital electronis pertama.dengan nama ABC (atanasoft-berry computer) yang hanya dapat menghitung tambah dan kuarang .

setelah itu tahun 1943 selama perang dunia ke-2, ilmuwan inggris Alam turing mendesain komputer elektronis khusus untuk tentara inggris, komputer tersebut digunakan menembus kode pertahanan lawan jerman.

pada tahun 1944 Howard Hathaway Aiken  (american) membuat mark 1. mark 1 merupakan sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat alat tersebut memiliki luas 7,45 kak x 50 kaki.dengan berat 35 ton.mark 1 dapat menghitung probabilitas.

tahun 1945 Dr.john vonNeumann menulis konsep penyimpanan data, saat itu masih berupa ide kemudian pada tahun 1946 Dr.john w mauchly dan J.presper eckert,jr. menyelesaikan komputer skala besar yang pertama diberi nama ENIAC (ELECTRONIC NUMERICAL INTEGRATOR AND COMPUTER) ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar) memiliki luas 30 kaki x 50 kaki. memakai tenaga 160.000. watt. pertama kali komputer ini menyala seluruh jaringan listrik di philadelphia mendadak mati.

ENIAC buakan hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi. tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana dibanding mark 1 yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah komputer pertama di dunia.

pada tahun 1945 komputer pertama ditemukan oleh william shockley,john bardeen dan walter brattain, semenjak transistor ditemukan ukuran komputer semakin mengecil, dari perjalanan pengembangan komputer diatas kita dapat menyimpulkan bahwa penemu komputer (bukan kalkulator) adalah: Dr.john w. Mauchly dan J.presper Eckert,jr. namun karena perjuangan dan awal mula terciptanya berdasarkan ide dari charles babbage, maka charles diberi nama Bapak Komputer dunia.

 

nah itulah kisah munculnya komputer di dunia ini versi saatnya-kreatif.blogspot.com.
semoga bisa menjadi bahan  inspirasi bagi untuk terus mewujudkan impian.

wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar