Jumat, 06 Januari 2012

TIPS WIRAUASAHA part 1

     jangan takut saya tidak akan bicara muluk muluk atao menggunakan bahasa langit yang susah anda mengerti.kali in saya ingin bicara dari hati ke hati dengan anda agar ide ide kreatif keluar sebagai kado kado istimewa buat anda.
hidup selama diperantauan dan sering mengikuti kegiatan kegiatan yang di adakan di lingkungan sekitar. membuat saya mengerti rata rata orang yang sedang ada di perantauan.selama dua tahun saya mencoba mengenal kehidaupan di perantauan jadi tulisan ini akan berangkat dari kehidupan nyata dengan segala permasalahannya terutama masalah manajemaen(pengaturang)keuangan yang sering dihadapi.semoga saya bisa menyampaikanya dengan benar.
      sebelum kita bicara lebih jauh mengenai bagaimana membangun bisnis keluarga,maka hal utama dan pertama yang perlu ditinjau ulang terlebih dahulu adalah bagaimana pengelolaan keungan anda selama ini.coba renungkan..!pernahkah anda membicarakan tentang arahan belanja dengan orang yang mengelola keuangan anda di rumah.coba lihat kembali apakah uang anda banyak dibelanjakan barang barang komsumtif (barang yang cenderung menyusut nilai ekonomisnya dan hanya memuaskan kesenangan) ataokah sudah produktif (segala sesuatu yang nilai ekonomisnya bertambah atao bekembang terus). lebih khusus lagi apakah selama ini anda sudah banyak membelanjakan atao menabungkan uang anda untuk mempersiapkan pekerjaan atao bisnis anda sepulang dari perantaoan kelak...?jika semua itu jawabanya belum dan belanjanya masih bersifat konsumtif,maka bersiaplah untuk mengubahnya sekarang juga...!!!!
       maaf yang berikut ini juga harus saya sampaikan mengingat banyak dari saudara saudara yang mengalaminya yaitu apakah anda pernah mengevaluasi/meninjau apakah orang orang yang anda amanahi untuk mengatur keuangan anda dapat dipercaya atao tidak...?sekali lagi saya mohon maaf. hal ini sangatlah penting dan memegang peranan utama untuk keberhasilan cita cita anda kedepan jangan pernah malu,sungkan,tidak enak,atao merasa tak berdaya untuk mengevaluasinya. karna kadang ada cerita kalo orang yang kita percayai untuk mengelola keuangan anda ternyata sangat boros membelanjakan uang dengan sembarangan, berfoya foya bahkan ada yang tidak bertanggung jawab sehingga uang jutaan rupiah yang anda percayakan habis sebelum anda melihatnya wujudnya.
      selain itu juga mungkin ada diantara anda yang masih sama orang tua kadangkala ada orang tua yang tak mau tau soal cita cita anaknya sehingga dengan prinsipnya sendiri membelanjakan uang anda seenaknya tanpa berdiskusi terlebih dahulu dengan anda. jika sudah tepat arahanya sih tidak apa apa ,tapi kebanyakan masih untuk keperluan konsumtif dan pemuas kesenangan belaka.akibatnya dari tahun ketahun tidak ada perubahan, yang ada hanya anda terus memperpanjang kontrak diperantaoan dan menjadi buruh lagi...dan lagi..!!
        jika itu yang terjadi maka segeralah bicarakan rencana keuangan anda dengan orang yang sekarang mengatur keuangan anda di kampung halaman. tentu dengan baik baik, dengan kepala dingin,dan buat mereka mengeti "impian"masa depan anda. ambilah tindakan seperlunya untuk menyelamatkan keuangan anda sebelum semua terlambat.
Tips keuangan sederhana dan insya alloh jitu
        banyak orang yang mengatur ketat keuangan disaat rezekinya masih sedikit,tapi cenderung lepas kontrol bahkan "habis habisan"disaat mereka berlebih. itu katanya fitrah...he..he..he..tapi pribadi yang pandai memberdayakan fitrahnya adalah orang yang mampu mengendalikan uang bukan sebaliknya. bukan "nafsu"yang dimanjakan tatkala uang berkecukupan, bukan yang royal disaat dompet tebal, dan bukan yang cepat cepat ingin dibilang "waaahh...." disanjung sanjung dipuji puji sehingga begitu mendapatkan rezki yang berlimpah langsung dibelanjakan untuk kebutuhan pamer....membangun rumah semegah megahnya,membeli perabot rumah taangga serba besar, meng kredit elektronik, mobil dll...yang kesemuanya itu hanya untuk mendapatkan penilaian orang saja.
      tapi sebaliknya orang pandai adalah "orang yang mampu mengatur keuanganya dalam kondisi apapun."menggunakan untuk kebutuhan keluarga dan selebihnya dibelanjakan sesuatu yang nilainya dapat berkembang terus dari tahun ke tahun .atau menabungnya untuk modal usaha yang usahanya itu di kemudian hari akan menjadi sumber penghasilan setelah anda tidak lagi berstatus buruh lagi.
      maka coba tata kembali pondasi keuangan anda agar bisa membangun sebuah bisnis tangguh
yang tahan terhadap hantaman badai ekonomi .
berikut adalah tips yang dapat anda lakukan , sederhana dan tidak perlu pengetahuan yang hebat
untuk di mengerti .cukup kemauan berubah dan kesungguhan dalam menjalankannya
berikut 5 cara jitu versi http://saatnya-kreatif blogspot.com
1.tetapkan tujuan keuangan
                kegagalan keuangan sering di picu oleh tidak adanya perencanaan yang baik dan benar
sejak awal,perencanaan keuangan itu ibarat pipa pipa yang terpasang ber deret sambung menyambung dari puncak gunung sampai ke lembah dan perkotaan. mengalirkan air dengan vollume dan sasaran yang tepat jumlah air yang keluar pun jadi lebih mudah di atur vollumenya ,bahkan bisa dihentikan sama sekali jika diperlukan jadi ibarat pipa perencanaan keuangan itu sangat penting untuk mengalirkan uang anda hingga bermuara dengan benar sesuai tujuan .mengatur pengluaran terhadap pemasukan yang anda miliki seta membantu menciptakan sumber sumber ke uangan baru bagi anda .
        sekarang tetapkan tujuan keuangan anda tujuan keuangan yang baik dan benar adalah yang membuat uang anda dapat berkembang nilai nya ,dan bisa menjadi penghasilan yang menjajikan kelak .misalkan tujuan itu adalah ingin membangun usaha ,bertani,berkebun,berternak,menjadi musisi,membangun grup band yang handal,profesional di bidang2 tertentu dll
kalau tujuan keuangan itu sudah anda tetapkan maka keuangan itu harus mengalir lebih besar pada tujuan utama tersebut.
2.pilih "manager" ke uangan yang handal dan terpercaya.
            faktor lainya yang menentukan keberhasilan tata keuangan anda adalah seseorang di kampung halaman yang anda percaya untuk mengatur penghasilan,orang itu bisa suami/istri/orangtua dan bahkan saudara anda sendiri.hal terpenting yang harus dilakukan agar anda dan manager anda memiliki pemikiran yang sama dan satu tujuan adalah.......???
     a).bicarakan secara mendalam dan serius tujuan2 hidup anda,tujuan2 hidup bersama jika anda sudah berkeluarga termasuk tujuan mencari uang ,jangan sampai bersebrangan arah praktisnya harus satu kata saat menentukan kemana uang anda harus di belanjakan .
     b).bangun komunikasi yang baik dengan manager anda saling mengingatkan tujuan2 hidup,terutama tujuan keuangan yang telah di tetapkan,bangun empati yang membuat dia mengerti anda merasakan apa yang anda rasakan di negri orang sehingga tidak akan sampai hati menggunakan uang anda untuk kebutuhan2 yang tidak berguna .
       namun jika pilihanya sulit dan anda tidak menemukan manager yang dapat di percaya maka apa boleh buat menurut saya anda harus mengatur dan mengontrol keuangan itu sendiri tapi anda harus disiplin dan fokus pada tujuan. berikan secukupnya untuk kebutuhan keluarga,selebihnya anda simpan ( tabung) untuk modal uasaha kelak.
3.belanja produktif lebih besar konsumtif secukupnya.
              karena belanja belanja produktif itulah yang akan menjadi sumber penghasilan bagi anda contoh.jika anda punya impian untuk menjadi petani moderen maka belanja produktif itu bisa dilakukan dengan membeli sawah, kebun, mengikuti kursus kursu pertanian maju berkunjung ke kelompok kelompok petani berhasil, membeli buku buku, berinvestasi di alat alat, dan berbagai kegiatan yang mendukung. begitu juga misalkan anda sudah memilih berbisnis kuliner ( masakan ) sebagai tujuan keuangan, maka mulailah berinvestasi untuk bisnis itu. mulai dari mencari/membeli tempat, mengikutu kursus memasak, kursus singkat management bisnis, mengikuti lomba lomba, dan juga bisa mulai mempersiapkan peralatan yang diperlukan. akhir-akhir ini, salah satu belanja produktif yang sedang nge-trend di indonesia untu kalangan menengah keatas adalah berinvestasi emas batangan (cukim) mengingat harga emas dunia, termasuk di indonesia, melambung terus dari waktu kewaktu. untuk harga emas perhiasan saja bisa mencapai Rp.500.00-.an per gram setelah beberapa bulan lalu dalam kisaran Rp.300.00-an.per gram.ini adalah salah satu investasi yang menjanjikan dan beresiko rendah,
     dan satulagi belanja produktif jangka panjang adalah menyekolahkan putri/putri anda sampe jenjang tertinggi. karena sekolah setinggi-tingginya adalah salah satu aset untuk persiapan masa depan yang lebih baik. jadi berfikir dan bertindaklah yang produktif jika anda tidak terlalu lama menjadi perantauan.
4.kontrol aliran belanja dengan ketat
            tega tidak tega,anda harus melakukan ini yaitu percaya dan tetap waspada serta selalu mengontrol orang yang mengatur keuangan anda, orang bisa lupa diri saat tanganya penuh dengan uang, sehingga merupakan hal yang wajar jika anda harus selalu memantau penggunaan uang yang anda kirim ke kampung halaman tak terkecuali, anda juga harus mengontrol diri anda sendiri. tidak perlu kaku, anda tetap ber happy-happy menikmati jerih payah anda, tetap bisa menyenangkan keluarga di kampung halaman,tapi yang diperlukan hanya mengendalikan pengeluaran yang tidak perlu demi keuangan yang tidak penting.
5.istiqomah dengan tujuan dan berserah diri hanya kepada alloh swt.
              dan akhirnya saya selalu menyarankan untuk tidak melupakan langkah kelima ini karna hukumnya wajib. perencanaan dan usaha-usaha mungkin akan kandas ditengah jalan, yang sering kali membuat nyali jadi ciut. membuat anda jadi ragu untuk meneruskan langkah walaopun arah itu sudah pada arah yang tepat.
       ibarat anda berjalan dengan cara dan arah yang sudah benar, tapi pastilah ada saja lubang, kerikil batu,duri, dan bahkan ceceran oli yang membuat anda bisa terpeleset. ujian atao cobaan ditengah usaha-usaha yang dilakukan adalah wajar, dan bahkan ujian itu bisa menjadi tanda bahwa anda akan naik "kelas" saat anda berhasil melaluinya dengan baik.dari "kelas" buruh naik menjadi "kelas" juragan "insya alloh" selamat berubah menjadi insan yang lebih baik...?
                                        semoga bermanfaat
                    http://saatnya-kreatif.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar